Langsung ke konten utama

MENGATASI ANDROID BOOTLOOP



Cara mengatasi Bootloop di Android
• Android Light bootloop. Untuk mengatasi bootloop yang terjadi pada android karena penggunaan normal, biasanya kita hanya perlu melepas baterai yang ada pada pc tablet android kita. Maka masalah bootloop akan segera teratasi pada saat kita memasang kembali baterai ponsel dan menyalakannya kembali. Pada jenis ponsel lebih mudah melakukannya, biasanya cukup membuka case belakang, namun pada type tablet selain membongkar case perlu juga untuk melepas baterai yang disolder permanen pada mainboard.
• Android Medium bootloop. Untuk mengatasi bootloop pada level medium ini diperlukan laptop os windows + file recovery image untuk merestore boot image baik itu recovery original maupun recovery CWM (contoh cwm karena tool ini paling sering dipakai oleh komunitas android). Namun cara ini dapat dilakukan jika pengguna pernah melakukan backup sebelumnya. Jika belum pernah membuat backup rom, maka kita memerlukan file recovery/ boot image dari pengguna lain yang type androidnya sama dan merestore-nya atau menggunakan cwm recovery atau fastboot (untuk type andromax yang menggunakn chipset cpu MSM qualcomm snapdragon). Lihat contoh disini mengatasi phone android mito yang bootloop.
• Android Hard bootloop. Untuk mengatasi hard bootloop, (android bricked) kita memerlukan software yang tepat pada laptop dan teknik khusus dalam mengatasinya.Dalam kasus tertentu, untuk mengatasi kerusakan system android kita perlu melakukan instal ulang os android atau yang umum di sebut cara flashing rom/firmware dikomunitas ini. Cara flasing android ini juga berbeda-beda, umumnya diklasifikasikan berdasarkan penggunaan chpset cpu tablet/ phone android. Pada kasus hard bootloop android penting untuk mengetahui jenis hardware yang digunakan. Misalnya untuk phone android dengan fitur voice call/ nelpon yang menggunakan cpu MTK seperti beberapa type phone samsung, imo, axioo, beyond, acer, mito, advan, htc android dll perlu menggunakan alat bantu flashing tool seperti SP flash tool untuk CPU MTK
• Sedangkan untuk atasi bootloop android dengan chipset cpu Allwinner menggunakan livesuits.
• Masih ada cara flashing rom dengan micro sd menggunakan software tool Phoenix card.
• Beberapa teknisi tempat service phone-tablet android ada yang tahu cara membuat custom rom (porting rom) yang cocok untuk mengatasi androd bootloop.
• Singkatnya cara mengatasi bootloop disesuaikan dengan type chipset cpu device, jangan menggunakan livesuits untuk atasi andriod bricked pada phone yang menggunakan cpu MTK atau sebaliknya. Untuk link download rom/ firmware original (disebut stock rom) untuk phone tablet merk lokal sulit di cari, biasanya hanya tersedia di service center. Solusinya adalah dengan berkunjung diforum (misal xda-developer) untuk mencari backup rom/ firmware type yang sama untuk mengatasi bootloop android kita. Jika link download firmware tidak tersedia mungkin kita dapat menggunakan firmware atau (custom) rom merk lain dengan spesifikasi hardware mirip.
• Namun jika kita harus melakukan flashing firmware dengan merk android lain, bersiaplah untuk merelakan waktu, bisa hitungan jam atau hari dan pulsa modem internet untuk download rom, bukan hanya dengan ukuran ratusan megabyte (MB), bisa download beberapa rom hingga bergiga-giga sampai dapat rom yang paling cocok. Apakah ini sebanding untuk mengatasi bootloop android atau lebih baik menghubungi (jasa) service center tablet, semua bergantung motivasi pengguna untuk cara mengatasi android bootloop.

semoga bermanfaat :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat Tomat untuk burung pleci

Manfaat Tomat untuk burung pleci Manfaat Tomat :berfungsi untuk meredam berahi,diberikan biasanya pasca lomba,jangan berlebihan karena dapat menyebabkan penurunan berahi secara significant.  Tomat ini juga dimanfaatkan untuk agar pleci kita bisa bersuara jernih dan keras katanya para (master-master pleci).

Minuman yang bagus untuk burung pleci

Minuman yang bagus untuk burung pleci Burung pleci memang membutuhkan minuman yang penuh dengan nutrisi, apa itu nutrizi dan gizi Nutrisi atau gizi adalah substansi organik yang dibutuhkan organisme untuk fungsi normal dari sistem tubuh, pertumbuhan, pemeliharaan kesehatan, kenapa demikian ya karena dari nutrisi dan gizi lah burung pleci pertama akan sehat,senang,dan nyaman karena diluar sana (dihutan/alas) BURUNG PLECI tidak bisa mendapatkan MINUMAN yang seperti itu. lalu apakah Minumanya ! 1.witamin water  Ya memang minuman ini sangat fenomenal dikalangan pleci mania di indonesia ,lalu apa manfaatnya dari beberapa pendapat pleman diberbagai penjuru banyak yang berkata bahwa minuman vitamin water ini dapat membuat pleci cepat berbunyi dan cepat gacor/buka paruh. Mencari berita tentang bola ? 2.minute maid nutriboost rasa strowbery Dilihat dari namanya saja tanya veronika asisten virtual sudah nutri pasti banyak manfaatnya , kalo minuman minute maid nutribo

Manfaat buah pear untuk burung pleci

Manfaat buah pear untuk burung pleci Buah Pear,berguna untuk membantu menjernihkan suara dan membantu penurunan berahi pasca lomba,dapat diberikan 2 hari berturut pasca lomba. jangan lupa satukan juga sama ceweean nya biar setabil.