Langsung ke konten utama

Pendidikan Tinggi Lebih Praktis Dengan E-Learning (PTTJJ)

UNIVERSITAS TERBUKA MEMBANGUN PAGAR BANGSA

http://www.ut.ac.id/
Pertama saya akan membahas Apa itu Universitas terbuka (UT)
Universitas Terbuka (UT) Merupapakan Pendidikan Tinggi Terbuka Jarak Jauh (PTTJJ) dimana proses pembelajaran dapat dilakukan dimana saja kapan saja dan tidak terbatas oleh waktu, entah mau belajar sampai tua juga gak apa-apa, dan tidak akan pernah di Drop Out ( DO ),
Sejak diresmikanya pada tahun 1984, UT mendapatkan mandat dari pemerintah untuk memberikan kesempatan yang sangat luas kepada semua warga negara Indonesia, baik yang baru lulus SLTA maupun yang sudah bekerja untuk mengikuti pendidikan tinggi tanpa memandang latar belakang sosial, ekonomi, umur, dan tempat tinggal mereka. Sistem pembelajaran UT memungkinkan belajar yang fleksibel kepada mereka yang tidak memperoleh kesempatan mengikuti sistem pendidikan tinggi dengan cara tatap muka .
Nah sekarang sudah tau kan apa itu UT.
Apa Tujuan UT?
1. Memberikan kesempatan yang luas bagi warga negara Indonesia dan warga negara asing, dimanapun tempat tinggalnya untuk memperoleh pendidikan tinggi.
2. Mengembangkan pelayanan pendidikan tinggi bagi mereka, yang karena bekerja atau karena alasan lain, tidak dapat melanjutkan belajar di perguruan tinggi tatap muka.
3. Mengembangkan program pendidikan akademik dan profesional yang disesuaikan dengan kebutuhan nyata pembangunan, yang belum banyak dikembangan oleh perguruan tinggi lain seperti contohnya PTTJJ.
Apa misi UT?
1.Meningkatkan akses masyarakat ke jenjang PT.
2.Meningkatkan kualifikasi guru sampai jenjang dipersyaratkan.
-UT dirancang menggunakan sistem pendidikan terbuka jarak jauh sehingga lebih fleksibel dan murah.
Ada juga misi UT lainya :
1.Menyediakan akses pendidikan tinggi yang berkualitas dunia bagi semua lapisan masyarakat melelaui penyelenggaraan berbagai program PTTJJ.
2.Mengkaji & mengembangkan sistem PTTJJ.
3.Memanfaatkan dan mendiseminasikan hasil kajian keilmuan dan kelembagaan untuk menjawab tantangan kebutuhan pembangunan Nasional.
Alasan utama didirikannya UT?
Adalah untuk menampung lulusan Sekolah Menengah Atas yang berminat.

Apa Keuntungan bergabung di UT?
1.Kita Bisa kuliah tanpa harus meninggalkan pekerjaan, karena jam belajar bisa
disesuaikan dengan waktu mahasiswa.
2.Bianya kuliah terjangkau
3.Bahan kuliah (modul) yang lengkap, rinci, dan sangat mudah dipelajari
secara mandiri
4Untuk kuliah-kuliah tertentu, disediakan tutorial sesuai dengan kebutuhan
mahasiswa.
5.Sistem administrasi ,belajar mengajar, komunikasi yang baik, dimana berbagai informasi (ujian,
hasil ujian, kelengkapan administrasi, dll) dapat diakses melalui internet dan
HP.(Ini cuma beberapa masih banyak lagi lainya)

Berita lainya Universitas Terbaik di Jakarta

Universitas Terbuka  sekarang menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh (PTTJJ)
Karena dosen dengan mahasiswanya tidak bertemu secara tatap muka, melainkan menggunakan media, seperti computer dengan internet nya, siaran televisi dan radio atau media cetak seperti
modul.
Karena tidak ada perkuliahan secara tatap muka, maka tidak membutuhkan ruang kuliah, Oleh karena
itu, kuliah di Universitas Terbuka tidak membutuhkan biaya besar atau relatif lebih murah dibanding perguruan tinggi konvensional.

Universitas Terbuka juga menerapkan sistem belajar terbuka karena tidak ada pembatasan usia, tahun lulusan mahasiswa asalkan sudah menamatkan enjang pendidikan menengah atas (SMU atau yang sederajat), masa belajar, dan sebagainya. Materi pembelajaran dikirimkan melalui media internet atau jasa layanan pos yang biasanya untuk materi pembelajaran yang tercetak. Sedangkan untuk kegiatan tutorial, diskusi, atau ujian tidak membutuhkan ruangan khusus.
Apa itu PTTJJ?

PTTJJ adalah Pendidikan Tinggi Terbuka Jarak JauhYang Dimana kita melakukan perkuliahan tanpa harus bertatap muka/bertemu dengan Dosen jadi intinya orang yang mempunyai waktu yang terbatas/sibuk masih bisa melaksanakan kuliahnya dengan PTTJJ ini.
Sekarang kita akan membahas apa itu Terbuka dan Jarak jauh yang dimaksud dalam PTTJJ ini.
Terbuka yang dimaksud dalam PTTJJ ini berarti Pembelajaran yang dilakukan secara fleksibel dalam hal cara penyampaian,tempat,cara belajar dan lainya.
Jarak jauh yang dimaksud dalam PTTJJ ini berarti Proses belajar mengajar yang dilakukan secara jarak jauh melalui penggunaan media komunikasi,teknologi ataupun modul.

Dengan adanya PTTJJ ini pasti akan memberikan efek yang baik untuk para Mahasiswa ataupun Mahasiswinya karena dengan PTTJJ Mahasiswa/Mahasiswi Bisa mempelajari materi pembelajaran tidak hanya bersumber dari materi pembelajaran yang telah disediakan di Universitas Terbuka dengan menggunakan berbagai media pembelajaran, melainkan harus mandiri atau berinisiatif sendiri mengikuti tutorial dengan memanfaatkan sumber belajar lain seperti perpustakaan, siaran radio, dan sebagainya.
Program pembelajaran jarak jauh juga sangat memungkinkan setiap pembelajar mendapatkan kualitas pendidikan yang sama, baik dilakukan di lembaga pendidikan, sekolah dan perguruan tinggi, ataupun dilakukan di rumah masing-masing. Para pembelajar Pendidikan Tinggi dapat berpartisipasi dengan lebih aktif dengan sesama pembelajar lainnya sehingga membentuk suatu jaringan hubungan yang berguna bagi karir mereka di masa depan. Di samping itu, para pembelajar Pendidikan Tinggi dapat mengetahui performa dari pengajar atau pembelajar lainnya. Untuk itu perlu dikembangkan metode pembelajaran alternatif masa depan yang lebih kolaboratif, dan ini semakin dimungkinkan dengan keberadaan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.
Manfaat PTTJJ
Manfaat PTTJJ adalah :
1.Menghasilkan lulusan yang cerdas dan berkeilmuan Tinggi!.
2.Menghasilkan lulusan yang memiliki kemandirian tinggi mampu beradaptasi dan memiliki kemampuan tinggi.
3.Mahasiswa dan Mahasiswi dapat menghasilkan karya,kemitraan dan kepintaran tersendiri sesuai karakteristik.
Maka dengan adanya PTTJJ ini para Pembelajar pendidikan tinggi ini diharapkan bisa membentuk karakteristik yang cerdas dan melindungi bangsa/membentengi dengan kepintaranya dan bisa membanggakan bangsa negara Indonesia.
Ohh iya ada video nih karyaku tentang PTTJJ :) dilihat ya...


 “Tulisan ini dibuat untuk mengikuti lomba blog dari Universitas Terbuka dalam rangka memperingati HUT Universitas Terbuka ke-31. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.”

Sekian semoga bermanfaat :)

Komentar

  1. Uiihhhhhh..,Sumpah ane baru tau nihh..,thanks mas ane jadi banyak tau muter-muter di blognya Mas Agus ini

    BalasHapus
  2. Sistem pendidikan dengan e-learning akan lbh memudahkan proses pemberlajaran yg lebif efektif. Dengan begitu dapat menghasilkan anak-anak muda yang lebih cerdas )

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu dia yang diharapkan oleh ut (universitas terbuka) makasih masukanya ya kak :) terimakasih sudah berkunjung

      Hapus
  3. keren gan bisa pembelajaran jarak jauh gitu ya

    BalasHapus
  4. Balasan
    1. sama-sama mas semoga bermanfaat :) terimakasih sudah berkunjung

      Hapus
  5. mantab gan sangat lengkap info tentang UT

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih mas , ada baiknya dibaca dulu tentang PTTJJ nya :) makasih sudah berkunjung

      Hapus
  6. Waaahh keren juga ya broo..
    Belajar jadi dirumah namun tetep ada tugas wajibnya.. mantab jg ini...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bermanfaat mas toro :) suwun wes mubeng-mubeng ng blogku :D

      Hapus
  7. makasi bro kunjungi juga download software gratis kadekkrisma.blogspot.com

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat Tomat untuk burung pleci

Manfaat Tomat untuk burung pleci Manfaat Tomat :berfungsi untuk meredam berahi,diberikan biasanya pasca lomba,jangan berlebihan karena dapat menyebabkan penurunan berahi secara significant.  Tomat ini juga dimanfaatkan untuk agar pleci kita bisa bersuara jernih dan keras katanya para (master-master pleci).

Minuman yang bagus untuk burung pleci

Minuman yang bagus untuk burung pleci Burung pleci memang membutuhkan minuman yang penuh dengan nutrisi, apa itu nutrizi dan gizi Nutrisi atau gizi adalah substansi organik yang dibutuhkan organisme untuk fungsi normal dari sistem tubuh, pertumbuhan, pemeliharaan kesehatan, kenapa demikian ya karena dari nutrisi dan gizi lah burung pleci pertama akan sehat,senang,dan nyaman karena diluar sana (dihutan/alas) BURUNG PLECI tidak bisa mendapatkan MINUMAN yang seperti itu. lalu apakah Minumanya ! 1.witamin water  Ya memang minuman ini sangat fenomenal dikalangan pleci mania di indonesia ,lalu apa manfaatnya dari beberapa pendapat pleman diberbagai penjuru banyak yang berkata bahwa minuman vitamin water ini dapat membuat pleci cepat berbunyi dan cepat gacor/buka paruh. Mencari berita tentang bola ? 2.minute maid nutriboost rasa strowbery Dilihat dari namanya saja tanya veronika asisten virtual sudah nutri pasti banyak manfaatnya , kalo minuman minute maid nutribo

Manfaat buah pear untuk burung pleci

Manfaat buah pear untuk burung pleci Buah Pear,berguna untuk membantu menjernihkan suara dan membantu penurunan berahi pasca lomba,dapat diberikan 2 hari berturut pasca lomba. jangan lupa satukan juga sama ceweean nya biar setabil.