"No Pain, No Gain ✍"

Ayo Bersinergi Bersama Aetra Menyelamatkan Air Tanah Jakarta

Sekilas Tentang AETRA :
PT Aetra Air Jakarta adalah nama baru PT Thames PAM Jaya (TPJ) untuk mengelola, mengoperasikan dan memelihara sistem penyediaan air bersih dan melakukan investasi di wilayah Timur Jakarta (sebagian Jakarta Utara, sebagian Jakarta Pusat & seluruh Jakarta Timur) berdasarkan kontrak kerjasama dengan PAM JAYA selama 25 yang dimulai pada tahun 1998 sampai 2023.

Ini dia Aksiku Dalam Menyelamatkan Air Tanah Jakarta

Walaupun saya tidak asli orang Jakarta atau penduduk di Jakarta tetapi saya sangat peduli dalam menyelamatkan air tanah jakarta terlebih saat ada berita kalau kota Jakarta akan tenggelam dalam 40 tahun ke depan kalau tidak bisa menemukan solusinya.
Caraku ini adalah cara yang telah saya lakukan ketika aku berkunjung kerumah saudara saya yang berada di Jakarta.

Air tanah merupakan sumber penghidupan. Orang tidak bisa menyangkalnya. Dari air tanah kehidupan bermula. Air tanah disimpan untuk kemudian digunakan demi kepentingan banyak orang.Air di gunakan tidak semata untuk memenuhi kebutuhan minum, melainkan juga untuk menopang kehidupan rumah tangga. Bisakah Anda membayangkan bila rumah tangga Anda tidak memiliki cadangan air tanah? Dengan apa Anda minum? Dengan apa Anda memberi minuman kepada sanak keluarga Anda? Ya, air tanah terbukti secara sah sebagai bagian penting dari kehidupan manusia. Lalu bagaimana jika cadangan air tanah menipis, dan kemudian perlahan-lahan hilang? Apa yang bisa Anda lakukan? Situasi di mana cadangan air tanah perlahan-lahan menghilang merupakan satu fenomena yang sedang terjadi di Jakarta.
Data dan fakta beberapa tahun terakhir mencatat satu hal penting terkait dengan kondisi Air tanah di Jakarta yang kini memasuki kondisi kritis. Beberapa titik sumber air tanah di wilayah Jakarta bahkan tercatat sudah memasuki kondisi rusak. Tentu saja ini adalah fakta yang memprihatinkan sekaligus perlu di carikan penanganannya segera. Sebabnya adalah eksploitasi. Sumber air tanah di Jakarta memasuki kondisi kritis dan rusak karena eksploitasi yang sangat berlebihan, sampai mencapai 40%; padahal idealnya maksimum hanya 20%. Akibatnya sangat jelas, intrusi air laut sampai masuk kedaratan dan berpotensi merusak tanah dan sumber penghidupan. Meski terdengar sangat buruk, namun bukan berarti tidak ada harapan. Kita setidaknya bisa melakukan beberapa hal untuk menjaga kelangsungan dan keberadaan air tanah, di dalam lingkup rumah sekalipun.
Kita bisa saja bertanya-tanya: apa yang bisa dilakukan untuk menjaga kelestarian air tanah?
Hal pertama yang bisa dilakukan adalah :
1.Menanam pepohonan di sekitar rumah maupun di lingkungan tempat kita tinggal. Bila tidak bisa mulai dari lingkup yang lebih besar, ada baiknya kita memulainya dari lingkungan terdekat tempat di mana kita sehari-hari hidup. Menanam pohon adalah salah satu usaha untuk menjaga lingkungan sekaligus melestarikan keberadaan air tanah. Nah, ada beberapa jenis tanaman yang bisa dipilih dan ditanam di lingkungan sekitar rumah, yakni kelapa, bungur, manggis, karet, fikus, Fragraea Fragrans, dan cemara laut. Meski demikian, mananam tanaman tidak sekedar mengambil bibit kemudian memendamnya di dalam tanah. Kita memerlukan bahan-bahan organik lainnya untuk membuat tanah sekitar menjadi lebih subur. Caranya adalah dengan membuat lapisan (layering) pada tanah) memakai bahan-bahan organik seperti daun-daun hijau, batang tanaman, jerami, dedaunan kering, kertas, ranting tanaman, kulit kacang-kacangan, kulit buah, serta kertas kardus. Tebar bahan-bahan tersebut dalam potongan kecil, langsung di atas tanah. Gabungkan antara tanaman yang disebut di atas, serta kesuburan tanah yang baik, akan membantu kita dalam menjaga kualitas air tanah.
Hal berikutnya yang bisa kita lakukan adalah :
2.Membuat serapan air tanah atau yang dalam banyak hal di kenal sebagai lubang resapan biopori. Secara sederhana biopori diartikan sebagai lubang, tempat di mana Anda bisa meletakkan sampah organik dan dedaunan di dalamnya. Lubang tersebut menjadi tempat di mana organisme pengurai bisa hidup. Kelebihan dari biopori adalah: Anda bisa berpartisipasi dalam usaha pelestarian air tanah dengan cara yang murah, atau setidaknya terjangkau harganya. Cara tersebut merupakan pilihan yang paling masuk akal, setidaknya bagi keluarga dan lingkungan hidup sekitar.
Biopori bisa dibuat dengan cara mudah. Anda hanya perlu menggali lubang sedalam 100 cm, dan dengan diameter sebesar 30 cm2. Alat-alat yang Anda butuhkan hanyalah sebuah paralon 30cm, cetok, cangkul bentuk screw atau garpu, dan linggis. Galilah lubang sampai kedalaman 100cm, kemudian masukkan paralon kedalamnya, yang berfungsi sebagai penahan tanah supaya tidak longsor dan menutupi lubang. Setelah itu cukup masuk kan sampah organik maupun dedaunan kering, yang nantinya bakal berfungsi sebagai ruang hidup bagi berbagai macam organisme. Organisme-organisme itulah yang bakal mengurai sampah yang dibuang kedalam biopori. Terakhir, lubang perlu ditutup dengan material tertentu, namun perlu diperhitungkan material yang digunakan. Pilihlah penutup yang tidak menutup lubang rapat-rapat, supaya air hujan masih bisa masukke dalamnya.
Sekilas pandang, lubang biopori bakal menjadi tempat lalu lalang air tanah, sebuah ruang di mana air bisa menyerap langsung ke dalam tanah. Dengan demikian, lubang biopori merupakan solusi paling praktis untuk meningkatkan kemampuan tanah dalam meresap air. Jika air mudah menyerap kedalam tanah, maka kecil kemungkinan kita melihat air mengalir di atas permukaan tanah.
Tentu saja ini kemudian menjadi sebuah pilihan yang sangat masuk akal bagi kebanyakan orang, terutama keluarga kecil yang hidup di perkotaan ataupun (JAKARTA). Pada akhirnya kita bisa berpartisipasi dalam usaha pelestarian tanah, secara maksimum, dengan cara-cara sederhana seperti menanam tanaman tertentu serta membuat lubang serapan biopori.

Tentu masih ada cara bijak lagi untuk menyelamatkan air tanah di jakarta yaitu ikut Menggunakan Air bersih perpipaan yang telah di sediakan AETRA dengan cara berlangganan terlebih dulu ke Aetra.

Kenapa menggunakan air bersih perpipaan aetra juga termasuk bisa menyelamatkan air tanah jakarta?

Karena Aetra tidak mengambil air tanah sebagai air bakunya, melainkan menggunakan air permukaan (Waduk Jatiluhur). Menggunakan air bersih perpipaan adalah pilihan yang cerdas untuk menyelamatkan lingkungan Jakarta.

Kesimpulan :
Selain kita melakukan berbagai aksi dan cara untuk menyelamatkan air tanah di Jakarta kita juga harus bersedia BERSINERGI bersama AETRA agar air tanah di kota Jakarta bisa selamat! 

Lihat juga video tentang aetra dan aksiku dalam menyelamatkan air tanah di Jakarta :
  :



Ditulis Oleh : agus pamungkas

Anda sedang membaca sebuah artikel yang berjudul Ayo Bersinergi Bersama Aetra Menyelamatkan Air Tanah Jakarta, Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk anda, Mohon maaf apabila konten yang anda baca rusak atau salah dalam penulisan. Jika ada pertanyaan, kritik, dan saran yang ingin di sampaikan silahkan tulis di kotak komentar

:: Terima Kasih ! ::

Related Posts:

5 Responses to "Ayo Bersinergi Bersama Aetra Menyelamatkan Air Tanah Jakarta"

  1. mantap deh artikelnya, sy jg bukan org asli jakarta tapi tetap suport program aetra dalam menyelamatkan air tanah jakarta

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju sama masnya ini kita semua harus peduli terhadap air tanah jakarta , toh jakarta kan juga termasuk negara indonesia dan IBU KOTA lagi! ayo semua bersinergi bersama :)

      Delete
    2. Ayo mas opick dan bundha nya dhea mari bersama-sama menyelamatkan dan menjaga air tanah jakarta :)

      Delete
  2. setuju maz andai semua insyansi pemerintah mau yak,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berdoa saja mas semoga semuanya bisa sadar dan ikut beraksi menyelamatkan air tanah dan kota jakarta :)

      Delete