"No Pain, No Gain ✍"

Universitas Terbaik di Jakarta Adalah Mercubuana

Universitas Terbaik di Jakarta

Universitas Terbaik di Jakarta
sumber : newbipemula.blogspot.co.id
Universitas Terbaik di Jakarta salah satunya adalah umb umb ini singkatan dari universitas mercu buana .
Ngomongin soal universitas mercu buana, Universitas Mercu Buana merupakan sebuah universitas swasta yang terletak di Jakarta, Indonesia. Universitas ini didirikan pada tanggal 22 Oktober 1985, kampus utamanya yang juga dinamakan Kampus A terletak di daerah Meruya, Jakarta Barat. Sedangkan kampus lainnya, yaitu Kampus B, terletak di Menteng, Jakarta Pusat, Kampus C di Depok, Jawa Barat, dan juga Kampus D di Bekasi, Jawa Barat.

Sejarah Univesitas Mercu Buana

Salah satu pengusaha H. Probosutedjo yang sudah mempunyai pengalaman sebagai guru di Perguruan Taman Siswa, Pematang Siantar, Lebih pasnya di Sumatera Utara, pada tanggal 10 Nopember 1981 mendirikan Akademi Wiraswasta Dewantara (AWD), Sedangkan peresmiannya dilakukan oleh almarhum Bapak H. Adam Malik, Wakil Presiden RI pada saat itu. Dewantara diambil dari salah satu nama tokoh Pendidkan Nasional, yaitu Ki Hajar Dewantara. Misi pendidikan akademi ini antara lain yaitu mengembangkan model pendidikan untuk melahirkan pengusaha Pancasilais, dan kader-kader pembangunan yang mandiri serta mampu menciptakan kesempatan kerja.  Sebelum memiliki kampus sendiri, penyelenggaraan perkuliahan dilaksanakan di Gedung Yayasan Tenaga Kerja Indonesia (YTKI) Jl. Gatot Soebroto. Tahun 1984 Yayasan Menara Bhakti berhasil membangun sebuah kampus yang diberi nama Kampus Menara Bhakti.  Pada tahun 1985, berbekal kemampuan dan pengalaman dalam menyelenggarakan pendidikan Akademi Wiraswasta Dewantara, timbul gagasan mendirikan lembaga pendidikan tingkat universitas. Dengan Surat Keputusan Ketua Yayasan Menara Bhakti Nomor : 04/SKEP/KET/VI/1985 tanggal 12 Juni 1985, dibentuk Panitia Pendirian Universitas, dengan Ketua Dr. Sri-Edi Swasono dan dibantu oleh H. Abdul Madjid, Drs. Iman Santosa Sukardi (almarhum), Drs. M. Enoch Markum, Ir. Suharyadi, M.S, Soekarno dan Prijo S. Parwoto (almarhum).  Setelah melalui persiapan pendirian dan studi kelayakan, dengan Nomor : 010/KET/YMB/VI/85 tanggal 12 Juni 1985, Yayasan mengajukan permohonan izin mendirikan Universitas Mercu Buana (UMB) kepada Kopertis Wilayah III.  Berdasarkan surat Nomor : 15/KOP.III/S.VI/85 yang ditandatangani oleh Prof. Dr. Boesjra Zahir (almarhum), pada tanggal 18 Juni 1985, Kopertis Wilayah III menyetujui dan memberikan izin "Operasional" kepada Universitas Mercu Buana.  Pada tanggal 22 Oktober 1985 Universitas Mercu Buana secara resmi dinyatakan berdiri, dengan Fakultas dan Jurusan sebagai berikut : 

  • Fakultas Tehnik, Jurusan Teknik Arsitektur dan Jurusan Teknik Sipil. Fakultas Pertanian, Jurusan Sosial 
  •  
  • Ekonomi Pertanian (Agrobisnis) dan Jurusan Budidaya Pertanian (Agronomi). Fakultas Ekonomi, Jurusan 
  •  
  • Manajemen dan Jurusan Akuntansi.

Jumlah mahsiswa pada tahun pertama tersebut sebanyak 118 orang. Satu tahun kemudian, berdasarkan hasil eveluasi Kopertis Wilayah III, keenam jurusan yang ada memperoleh Status "Terdaftar" dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, melalui Surat Keputusan Nomor: 0507/1986.  Dalam rangka memenuhi tuntutan perkambangan pendidikan di masyarakat, dengan izin "Operasional" dari Kopertis Wilayah III Nomor: 12/Kop.III/S.VI/86 tanggal 5 Juni 1986, pada tahun akademik 1986/1987 Fakultas Teknik membuka Jurusan Teknik Mesin dan Fakultas Pertanian membuka Jurusan Mekanisasi Pertanian.  Selanjutnya pada tahun akademik 1987/1988, fakultas Teknik membuka Jurusan Teknik Elektro. Memasuki tahun akademik 1988/1989 terjadi perkembangan baru di Universitas Mercu Buana. Berdasarakan usulan Ketua Yayasan Menara Bhakti dengan persetujuan Kopertis Wilayah III, Akademi Wiraswasta Dewantara dinyatakan bergabung kedalam Universitas Mercu Buana. Pendidikan akademi tersebut menjadi Program D3 Manajemen Perusahaan di bawah Fakultas Ekonomi dengan status "Terdaftar". Tahun 1989, Jurusan Teknik Mesin memperoleh Status "Terdaftar", berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 0382/06/1989 tanggal 21 Juni 1989, demikian juga untuk Jurusan Mekanisasi Pertanian, tanggal 6 agustus 1990 memperoleh Status "Terdaftar", dengan Surat Keputusan Mendikbud Nomor: 0495/08/1990.

Visi dan Misi Mercu Buana

Visi Universitas Mercu Buana adalah  “Menjadi Universitas Unggul dan Terkemuka untuk Menghasilkan Tenaga Professional yang Memenuhi Kebutuhan Industri dan Masyarakat dalam Persaingan Global.”

Dan Misi Universitas Mercu Buana yaitu :

  1. Menyelenggarakan Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat, dan mencapai  keunggulan akademik untuk menghasilkan tenaga professional dan lulusan yang memenuhi standar kualitas kerja yang disyaratkan pada tahun 2019. 
  2. Menerapkan manajemen pendidikan tinggi yang efektif dan efisien, dan mengembangkan jaringan dan kerjasama internasional dengan industri dan kemitraan yang berkelanjutan.
  3. Mengembangkan kompetensi dan menumbuh kembangkan jiwa kewirausahaan & etika profesional kepada para mahasiswa dan staf yang memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan kualitas alumni sebagai wirausaha 2,5 % pada tahun 2019.

Budaya Kerja Universitas Mercu Buana  Jujur yaitu keselarasan antara perkataan dan tindakan sesuai ketentuan yang berlaku. Bagi dosen tidak melakukan plagiarisme serta bagi mahasiswa tidak mencontek saat ujian. Disiplin yaitu kepatuhan untuk menghormati dan melaksanakan ketetapan yang berlaku. Bagi dosen dan mahasiswa berupa tidak terlambat melaksanakan perkuliahan. Tanggungjawab berupa kesadaran dan kemauan untuk melakukan dan menanggung resiko dari pekerjaan. Bagi dosen melaksanakan tridharma terkait dengan kinerja dosen dan bagi mahasiswa mengumpulkan tugas tepat waktu. Kreatif yaitu keyakinan dan kemauan terus menerus untuk meningkatkan kinerja. Bagi dosen dan mahasiswa selalu berupaya menemukan cara baru. Kearifan lokal yaitu memasukkan budaya lokal di dalam menyelesaikan tugas, tanggungjawab, dan berkomunikasi. Bagi dosen dan mahasiswa berpakaian batik sesuai waktu ditentukan dan melakukan penelitian sesuai keunggulan lokalitas. Ramah Lingkungan yaitu kesadaran dan peran serta menjaga lingkungan, meningkatkan efisiensi dan efektifitas dari penggunaan energi. Bagi dosen dan mahasiswa berupa tertib membuang sampah, kampus hijau dan hemat listrik serta alat tulis kantor.

Universitas ini pantas disebut dengan : "Mercu Buana a World Class University" Kenapa pantas disebut begitu?
Karena Universitas Mercu Buana menjalin kerja sama dengan berbagai kampus di negara lain (luar negeri) contohnya Malaysia dan China. Hal ini akan terus ditingkatkan. Prestasi Universitas Mercu Buana juga cukup baik, dari 3.000 perguruan tinggi di Indonesia.
Oke mungkin kali ini cukup segitu dulu dan admin akan terus mengupdate artikel ini ! Terimakasih atas perhatianya :)

Ditulis Oleh : agus pamungkas

Anda sedang membaca sebuah artikel yang berjudul Universitas Terbaik di Jakarta Adalah Mercubuana, Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk anda, Mohon maaf apabila konten yang anda baca rusak atau salah dalam penulisan. Jika ada pertanyaan, kritik, dan saran yang ingin di sampaikan silahkan tulis di kotak komentar

:: Terima Kasih ! ::

Related Posts:

0 Response to "Universitas Terbaik di Jakarta Adalah Mercubuana"

Post a Comment